langkah menjemur biola

Umpamanya kamu melancong sepanjang 1 minggu, biolanya pasti disimpan dalam casing, pastinya akan lembab meskipun sedikit. Jadi biolanya di keluarkan dahulu, di lap, baru dihangatkan pada 5 sampai 10 menit pada panas matahari pagi – cuma untuk menyingkirkan lembab (bukanlah lagi untuk mengeringkan kayu). Silakan baca artikel berkaitan mengenai Panduan Menaruh Biola Supaya Awet.

Berikut ini yaitu contoh gambar, biola aku tengah “dihangatkan”, bln. juni (2016) lantas, sepanjang 15 menit. Saat itu selesai latihan, aku cepat-cepat pergi lantaran ada kepentingan menekan, eeeh biolanya (walaupun telah disimpan dalam casing) kelupaan masihlah tergeletak dilantai sepanjang hari penuh. Esok harinya, waktu bodi biola dipegang merasa dingin (agak basah/lembab).
langkah menjemur biola
Gambar Langkah/Panduan Menjemur Biola
Sekalian Jemur Casing Biola Anda

Jemur casing biola sisi dalam untuk menyingkirkan lembap, jamur, serta menyingkirkan semacam kutu kecil yang kerap bersarang pada kain beludru atau karpet bulu (warnanya hitam, seperti bintik/kotoran yang menempel). Ini adalah satu diantara penyebabnya rambut bow kerap putus sendiri – kian lebih satu helai, walau tak dipakai. Bila casing biola kamu berwarna gelap, telah 5 th. tak dibikin bersih, “kalau” ada kutu tentu gak terlihat hehehe, di jemur pada siang hari jam 12 bisa saja.

Untuk casing, durasi penjemuran pastinya dapat lebih lama dibanding menjemur biola, lantaran kasusnya lain.

Catatan Utama : Spesial untuk biola “biasa” atau biola yang mempunyai purfling palsu, janganlah terus-terusan atau kelamaan dijemur. Lantaran bila hingga kayunya kekeringan (kayu berkurang), bodi biola rawan retak atau lepas. Silakan baca artikel berkaitan mengenai Apa Itu Purling Serta Manfaatnya Pada Biola (Akustik).

Yang paling akhir, mungkin saja biolanya butuh anda rekani waktu ” dijemur ” … nanti bila “dipinjam” sama orang gak di kenal dengan kata lain hilang bagaimana? … hehehe

Iklan

Seberapa teratur biola “baru” butuh dijemur?

Seberapa teratur biola “baru” butuh dijemur?

Tak ada kepastian saat. Bila menurut aku, untuk biola yang masihlah termasuk baru dibeli, serta baru awal kali dijemur, kerjakan dengan cara bertahap. Dalam satu minggu dijemurnya sekali saja cukup (lebih kurang 15 menit), serta kerjakan sepanjang umpamanya sejumlah 4 kali penjemuran (4 minggu berturut-turut). Kemudian, kamu dapat memastikan waktunya sendiri, umpamanya 4 bln. lalu baru dijemur lagi.

Sesudah dijemur dengan saat yang singkat (15 menit), barulah bisa bila kamu punya niat untuk menjemur dengan durasi agak lama (sekitaran 20 menit sampai 1 jam) dengan catatan : bebaskan dahulu senarnya, serta tetaplah pakai panas matahari pagi, bila siang? sangat panas.

Bila biola baru akan dijemur sepanjang 1 jam, berapakah kali butuh dijemur?

Bergantung tingkat kelembaban di daerah rumah kamu, namun aku merekomendasikan dalam setahun sekali bila akan dijemur lama (umpamanya 1 jam). Selebihnya, utamakan pemakaian.

Apakah baik bila biolanya dijemur dengan cara teratur?

Tak. Utamakan pemakaian teratur (rajin berlatih) serta perawatan yang baik dari pada rajin menjemur alat.

Bagimana bila aku cuma mempunyai saat pada siang hari

Bila waktumu hanya ada pada siang hari, janganlah menjemur terserang panas matahari segera, entar bodi biola anda dapat copot semuanya. Bodi biola kan hanya di-lem, bukanlah dipaku hehehe … jadiii gantung atau tempatkan biola anda berdekatan dengan tempat atau dinding yang terserang panas matahari, jadi pakai hawa (suhu) panas yang terpantul, misalnya seperti digambar (click gambar untuk menghadirkan ukuran semakin besar).

Bagaimana Dengan Biola Yang Penggunaannya Telah Lebih Dari 5 Th.?

Bila biola anda telah berusia kian lebih 5 th. (dengan catatan rajin digunakan), namanya bukanlah lagi dijemur, namun “dihangatkan”. Sesekali saja cukup, serta waktunya relatif, lantaran maksudnya cuma untuk menyingkirkan lembap atau jamur yang melekat.